Minggu, 20 April 2014

Mari Berkenalan SOP (Part 2)

Pada kesempatan sebelumnya kita telah membicarakan sedikit banyak tentang Statement of Purposes (SOP). Kali ini kita akan mencoba menjelaskan tentang kiat-kiat untuk membuat SOP yang bernilai tinggi serta berdaya jual. Seperti yang telah diulas pada pembahasan sebelumnya, SOP menyangkut kualitas kehidupan kita, maka bagi anda-anda yang berencana memenangkan beasiswa ke luar negeri yang mewajibkan kandidatnya membuat SOP mulai dari sekarang ubah dan perbaiki kualitas hidup anda, dari pribadi yang biasa-biasa saja menjadi insan luar biasa, penuh prestasi dan memiliki kontribusi untuk lingkungan sekitarnya.
            Sebelumnya saya ingin sedikit bercerita tentang bagaiamana  saya bisa berkenalan dengan SOP. Perkenalan ini berawal ketika saya mengikuti seminar beasiswa di salah satu hotel ternama di kota Medan. Saat itu, ada dua pembicara dalam seminar yang diselenggarakan oleh Aminef tersebut. Salah satu pembicaranya adalah Mrs. Christy seorang tenaga pengajar bahasa Inggris berkebangsaan Amerika Serikat. Dalam kesempatan tersebut, dia memaparkan tentang bagaimana cara membuat SOP yang “catchy” sehingga mampu memenangkan hati para juri.
            Dari paparan yang disampaikan oleh bule Amerika yang waktu itu mengajar di Universitas Negeri Medan (Unimed), terdapat langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk menghasilkan sebuah SOP yang “catchy” alias top markotop atau oke punya. Langkap-langkah itu dapat dilihat sebagai berikut :
1.      Pre Writing and Brainstorming
2.      Outline your draft
3.      Write your first draft
4.      Ask for Critiques
5.      Revised and edit
6.      Back to step number 1.
Itu saja yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, karena lelah dan malam kian larut, maka cerita ditutup sampai disini saja. Mudah-mudahan hal singkat, kecil dan sederhana ini membawa manfaat bagi kita semua, Amin. Sebelum mengakihiri cerita, saya ingin mengutip sebuah puisi Oneng yang berbunyi “maaf, tak bisa kutulis banyak. Tinta habis, tadi malam kugoresi langit dengan namamu

Wassalam J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar